Model Cincin Tunangan dari Berlian

Cincin berlian menggambarkan sebuah kemewahan dan tampilan yang elegan. Memberikan sebuah cincin berlian untuk pasangan bukanlah hal yang berlebihan jika Anda mampu dan memiliki dana serta pasangan Anda menyukainyay. Cincin berlian memiliki banyak sekali model yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan selera mulai dari yang sederhana hingga yang esktetik.

Jika biasanya cincin berlian digunakan untuk sebuah ikatan pertunangan, sebaiknya Anda mulai menggantinya dengan menjadikannya sebagai mahar pernikahan. Tunangan merupakan sebuah budaya barat yang seharusnya tidak ditiru oleh masyarakat Indonesia terlebih lagi yang beragama islam. Membeli cincin berlian untuk mahar pernikahan akan jauh lebih baik karena hal itu merupakan sebuah hadiah untuk pasangan.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Berlian

  • Potongan Berlian

Tidak perlu dipertanyakan lagi, harga cincin berlian sudah pasti mahal karena berlian sendiri merupakan batu yang sangat langka. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya harga berlian dan mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda diantaranya adalah potongan berlian, tingkat kejernihan, warna berlian serta jumlah karat.

Potongan berlian terbagi menjadi 5 macam berdasarkan GIA atau Gemological Institute of America yaitu berada pada tingakatn excellent, very good, good, fair dan poor. Perbedaan pada tingkat potongan tersebut adalah kilauan yang dipancarakan oleh batu berlian itu sendiri.

Semakin bagus potongannya maka akan semakin berkilau pula berliannya. Potongan paling rendah yaitu poor merupakan jenis potongan yang tidak terlalu menampakkan sisi berkilau dari berlian sehingga harganya cenderung lebih murah.

Potongan paling bagus berada pada tingkatan excellent dimana potongan tersebut sangat simetris sehingga kilauan pada berlian dapat terlihat dengan sempurna. Kilauan tersebut sangat indah hingga terlihat seperti pantulan cahaya. Tidak heran jika berlian dengan potongan tingkat excellent memiliki harga yang fantastis.

Tidak hanya berkilau, potongan excellent memiliki hasil akhir yang dipoles sedemikian rupa agar setiap sudutnya halus dan tidak ada yang kasar. Jika Anda menginginkan sebuah berlian murnin yang tidak mengecewakan, maka Anda perlu menyiapkan dana yang cukup untuk sebuah cincin berlian dengan potongan yang excellent.

  • Kejernihan Berlian

Selain potongannya, kualitas berlian juga ditentukan oleh kejernihannya. Beberapa hal yang mempengaruhi tingkat kejernihan berlian adalah warna, ukuran, pantulan, jumlah serta sudut-sudutnya. Batu berlian sendiri secara alami memang memiliki warna yang cukup variatif mulai dari bening, hijau, pink, biru hingga kuning.

Jenis berlian yang paling diminati adalah yang tanpa warna dan transparan. Kejernihan berlian semakin terlihat saat warnanya bening transparan sehingga tidak heran jika banyak yang menyukainya sehingga harganya pun menjadi tinggi.

  • Jumlah Karat

Sama seperti emas, berlian juga memiliki satuan yang disebut dengan karat. Meskipun demikian, harga berlian tidak dipengaruhi oleh jumlah karat tersebut melainkan beberapa faktor yang sudah disebutkan diatas yaitu potongan, tingkat kejernihan serta warnanya.

Berbagai Model Cincin Berlian

Tidak hanya kondisi berliannya saja, Anda juga harus memilih beberapa jenis cincin berlian diantaranya adalah cincin berlian bermata satu yang minimalis, cincin berlian berukir dengan bentuk band yang unik dan kesan yang mewah serta cincin berlian glamor dengan hiasan batu berlian yang bertebaran diatas band.

Anda juga bisa memberikan tambahan nama untuk cincin berlian atau memesan model custom lainnya jika memungkinkan. Dengan inisial nama cincin berlian Anda akan semakin istimewa terutama bagi pasangan yang memakainya. Beberapa faktor yang mempengaruhi harga berlian diatas bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Chat Whatsapp