Panduan Pasangan Muda Saat Membeli Cincin Kawin

Emas merupakan jenis logam mulia yang paling banyak digunakan untuk pembuatan cincin. Peminatnya juga sangat banyak karena emas memiliki berbagai macam warna mulai dari kuning, putih, hijau hingga merah muda. Harga jualnya pun cukup tinggi serta dapat dipakai selama bertahun-tahun.

Permintaan emas yang cukup tinggi membuat banyak oknum tidak bertanggung jawab bermunculan. Mereka menjual cincin emas dengan kadar yang sedikit namn menjualnya dengan harga mahal. Tentunya kualitas dan tampilannya akan jauh berbeda. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik sebelum membeli cincin emas.

Tips Membeli Cincin Kawin Emas

  • Tentukan Berapa Karat yang Diinginkan

Kemurnian sebuah cincin biasanya dinyatakan dalam istilah karat. Itulah kenapa Anda sering menemukan istilah 24 karat yang berarti perhiasan tersebut mengandung campuran emas murnin tanpa adanya bahan logam lain seperti tembaga ataupun seng.

Jika cincin memiliki karat sebanyak 18 berarti kemurnian emasnya sekitar 75 persen dan sisanya merupakan campuran logam lainnya. Anda harus menentukan berapa karat emas yang diinginkan untuk cincin kawin.

Biasanya cincin kawin yang paling baik adalah 14 karat. Emas harus dicampur dengan logam lain ketika dibuat menjadi cincin karena logam mulia ini bersifat lunak. Untuk membuatnya lebih keras diperlukan bantuan logam lainnya sehingga kandungan 14 karat untuk cincin saja sudah cukup.

Anda bisa memilih cincin kawin dengan jumlah karat yang lebih besar yaitu 18 jika Anda ingin cincin tersebut dihias dengan berlian diatasnya. Campuran emas lebih banyak membuat cincin lebih lunak dan mudah dibentuk sesuai dengan keinginan.

  • Perkirakan Harga Cincin

Setelah memilih jumlah karat, kira-kira berapakah harga cincin yang Anda inginkan? Cobalah untuk mencari tahu harga cincin melalui internet sebelum datang ke toko emas. Carilah cincin dengan kadar emas yang Anda cari serta model yang disukai dan lihat berapa harganya untuk membuat perencanaan dana sebelum membeli.

  • Pilih Desain

Cincin kawin biasanya dipakai untuk waktu yang lama sehingga desainnya harus bisa digunakan untuk segala usia. Model cincin yang sederhana merupakan pilihan tepat karena desain semacam ini selalu diminati dan tak pernah termakan usia. Model solitaire dengan hiasan satu berlian diatas bisa menjadi pilihan Anda.

  • Cari Tahu Tempat Membelinya

Anda bisa langsung membeli cincin kawin secara offline di toko emas karena membeli emas secara online sangatlah tidak aman terlebih lagi jika Anda seorang muslim. Dalam agama islam segala sesuatu yang berhubungan dengan emas harus dibeli secara kontan, tatap muka secara langsung dan dibayar tunai.

Apabila Anda memutuskan untuk membeli cincin secara online maka gantilah cincin Anda dengan perak atau platinum sehingga Anda bisa membelinya dengan aman.

  • Pertimbangkan Kenyamanan

Hal terpenting saat memilih cincin adalah kenyamanannya saat dipakai karena cincin tersebut akan terpasang di jari untuk waktu yang lama. Tiada guna membeli cincin mahal jika tidak nyaman saat dipakai. Oleh karena itu pastikan ukurannya pas dengan jari, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit. Bahan yang terdapat pada cincin juga usahakan tidak menimbulkan alergi.

Membeli Sesuai Kemampuan

Diantara semua hal yang perlu dilakukan di atas, membeli cincin seusai kemampuan juga tidak kalah pentingnya. Meskipun sebuah cincin kawin adalah perhiasan yang istimewa namun tetap saja Anda tidak perlu memaksakan untuk membeli yang mewah. Gunakan apa yang dimiliki untuk membelinya sesuai kemampuan.

Chat Whatsapp