Pemilihan Cincin Emas Kawin Saat Ini Harus Benar-benar Tepat

Cincin nikah merupakan salah satu simbol cinta yang mengikat sepasang suami istri dalam sebuah janji dan harapan yang ada. Cincin kawin sendiri menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah pernikahan sehingga dalam pemilihannya tidak bisa sembarangan.

Anda perlu memikirkan dan mempertimbangkan semuanya sebelum memutuskan untuk membeli cincin pernikahan. Hal ini karena selain menjadi lambang cinta dalam perkawinan, cincin nikah juga menjadi salah satu benda yang akan digunakan selamanya.

Sehingga tidak heran jika Anda perlu memikirkannya dengan baik mulai dari desain, bahan logam mulia, dan sebagainya. Sebaiknya pilih cincin dengan bahan logam mulia yang kuat karena jangka waktu pemakaian yang tidak sebentar. 

Tips Membeli Cincin Pernikahan

Membeli cincin nikah bukanlah perkara yang mudah, karena dibutuhkan pertimbangan dan sedikit pengetahuan. Sehingga Anda dapat memilih cincin yang sesuai keinginan serta tahan lama. Berikut ini ada  beberapa tips dalam membeli cincin kawin yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli cincin. 

  • Menentukan Bahan Logam Mulia pada Cincin

Mengingat bahwa cincin nikah tidak hanya digunakan dalam hitungan tahun, maka Anda perlu menentukan bahan yang dapat bertahan lama. Hal tersebut mulai dari bahan logam mulia, serta campuran yang digunakan dalam proses pembuatan cincin tersebut.

 Sejak dahulu cincin berbahan emas merupakan cincin yang paling banyak digunakan dalam sebuah pernikahan. Anda juga bisa memilih cincin berbahan dasar lain seperti palladium, zirconium hitam, titanium, perak dan sebagainya.

Namun jika Anda memilih cincin berbahan emas, maka ada beberapa warna yang bisa dipilih dari emas tersebut. Emas umumnya memiliki tiga warna yang berbeda dengan tingkatan harga yang juga berbeda-beda, yaitu emas putih, emas kuning, dan emas rose gold atau merah muda. 

  • Mengukur Cincin

Pada saat pengukuran cincin pun tidak hanya menentukan diameter ukuran pada jari, namun Anda juga harus menentukan lebar dan juga tebal cincin. Sebaiknya dalam mengukur diameter pilih ukuran yang sedikit longgar, agar bisa tetap dipakai saat lingkar jari bertambah. 

  • Pilih Desain yang Menarik dan Sesuai Karakter

Anda bisa memilih berbagai macam desain pada cincin, dalam hal ini tentu akan menjadi bagian yang sulit. Sebaiknya pilih cincin dengan desain yang sesuai dengan karakter Anda, seperti halnya desain plain bland yang sederhana.

Anda juga bisa memilih cincin dengan desain batu permata yang menarik, jika Anda menyukai perhiasan yang mewah. Hindari memilih cincin yang sedang trend saat ini, karena nantinya tidak akan menarik untuk digunakan jangka lama sebab modelnya yang ketinggalan zaman.

Ada baiknya untuk memilih cincin yang unik dan tidak lekang oleh waktu, sehingga Anda tidak akan merasa ketinggalan Zaman. Desain unik juga akan memberikan kesan yang berbeda saat digunakan dan terlihat lebih elegan. 

Merawat Cincin Nikah

Setelah memperhatikan beberapa tips membeli cincin, Anda juga perlu memperhatikan cara perawatan yang akan membuat cincin Anda tetap indah. Sebaiknya pilih cincin yang memiliki bentuk tidak rumit.

Sehingga cincin akan lebih mudah dibersihkan dan dirawat. Cara merawat cincin sendiri bisa dilakukan dirumah yaitu dengan menggunakan sabun cuci piring, dan bahan alami lainnya yang ada di rumah untuk meluruhkan kotoran pada cincin dan menjaga kilau cincin.

Hal tersebut berfungsi untuk meluruhkan kotoran pada cincin sehingga kilau cincin akan tetap terjaga. Hindari menggunakan cincin saat melakukan aktivitas seperti olahraga, memasak dan sebagainya yang dapat membuat cincin tergores. 

Chat Whatsapp