Perawatan Cincin Platinum yang Benar

Pilihan cincin pernikahan berbahan platinum saat ini telah menjadi sangat popular sebagai cincin pernikahan. Hal ini dikarenakan selera masyarakat telah meluas dan tidak terpaku terhadap cincin emas saja.

Platinum sendiri memiliki kemampuan mempertahankan warna dalam waktu yang cukup lama serta memiliki kekuatan untuk tidak mudah patah dan tergores. Namun hal ini tidak menjadikan cincin platinum tidak perlu dirawat. Sama seperti cincin jenis lainnya, cincin platinum juga harus disokong dengan perawatan agar kualitasnya tetap terjaga.

Berikut ini kami sajikan hal-hal apa saja yang harus Anda perhitungkan untuk melakukan perawatan terhadap cincin platinum dengan benar.

  • Secara Rutin Melakukan Pembersihan

Cincin platinum harus dibersihkan setidaknya 2 kali dalam sebulan. Cara membersihkannya cukup mudah, Anda tinggal merencam cincin tersebut ke dalam air hangat dan sabun yang lembut. Cincin platinum yang jarang dicuci akan tampak kusam dan struktur logamnya akan rusak. Hal ini harus Anda hindari jika ingin cincin Anda tetap memiliki penampilan yang memukau.

  • Penyimpanan Khusus

Menyimpan cincin platinum di sembarang tempat serta tergabung dengan barang lain dapat menambah gesekan dan benturan yang bisa membuat cincin mudah tergores. Anda harus memiliki tempat khusus dengan lapisan yang lembut. Anda bisa menggunakan kain atau benda lembut lainnya.

  • Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Jika Anda membiarkan kamar Anda tanpa dibersihkan dalam waktu yang lama, maka secara perlahan debu dan kotoran akan menghiasi kamar Anda. Begitupun cincin platinum. Sekalipun cincin ini memiliki kekuatan seperti yang kita jelaskan sebelumnya, cincin platinum tetap harus mendapatkan perlakuan yang baik agar cincin ini bisa bertahan lebih lama.

Jangan terlalu sering menyentuh cincin, baik sekedar menyentuh atau untuk melepas dan memasang. Jejak sentuhan Anda bisa dengan mudah membuat cincin itu kotor. Begitupun bahan kimia pada make up, parfum, dan bahan kimia lainnya dapat mengurangi kualitas warna cincin platinum Anda. Kemudian, saat beraktifitas berat seperti olahraga, mencuci mobil, atau mencuci motor, sebaiknya Anda melepas cincin platinum dikarenakan cincin akan mudah tergores dan terkena bahan kimia.

  • Jangan Lupa Dipoles

Cincin yang rutin dipoles dengan rhodium akan mempertahankan kilau cincin platinum. Ketahanan ini bisa mencapai 6 bulan sampai 1 tahun. Usaha ini harus Anda lakukan jika Anda ingin agar cincin platinum Anda mempertahankan warnanya selama mungkin.

Jika cincin platinum tidak dipoles maka warnanya akan gelap dan terlihat seperti motif oksidasi. Namun bagi sebagian orang, hal ini tidak mengapa karena perubahan warna ini menghasilkan tampilan yang unik dan menarik.

  • Pemeriksaan oleh Ahlinya di Toko Perhiasan

Cincin platinum yang rutin diperiksa di toko perhiasan akan mempertahankan kualitas cincin tersebut. Pemeriksaan ini bisa dilakukan 1 atau 2 kali dalam setahun. Kualitas yang bisa dipertahankan dalam pemeriksaan ini bisa berupa warnanya, motifnya, ataupun permata jika cincin tersebut memiliki permata.

Pemeriksaan secara professional juga bisa mendeteksi apakah ukurannya harus dirubah. Hal ini dikarenakan ukuran jari Anda yang mungkin berubah, sehingga ukuran cincinnya pun harus dirubah untuk mengurangi resiko kerusakan pada kulit atau cincin mudah terlepas.

Begituah penjelasan dari kami. Jika Anda telah memiliki cincin platinum dan Anda belum melakukan perawatan, maka segera lakukan. Jika Anda baru berniat membeli cincin platinum, maka semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam merawat cincin platinum ketika sudah dibeli.

Chat Whatsapp