Perlukan Memakai Cincin Lamaran Saat Melamar?

Momen lamaran adalah suatu momen yang memiliki arti mendalam bagi setiap pasangan yang ingin melanjutkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius. Karena momen lamaran adalah masa permulaan dua orang insan yang memutuskan untuk menua bersama. Sekaligus menyatukan dua keluarga menjadi kerabat.

Di setiap momen lamaran, biasanya ada satu tradisi yang umum atau selalu dilakukan. Adapun tradisi tersebut adalah tukar cincin lamaran. Namun, pernahkah kamu bertanya tentang, perlukah memakai cincin lamaran saat melamar sang kekasih? Berikut ini penjelasan yang akan kami jabarkan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Sejarah Cincin Lamaran

Tidak sembarang tradisi semata, ternyata sebuah proses tukar cincin pada momen lamaran memiliki sejarah yang cukup panjang. Bermula dari masa kekaisaran Romawi, sebuah cincin mereka gunakan untuk acara perlamaran seorang wanita. Nantinya, cincin tersebut yang merupakan implementasi sebuah janji seorang laki-laki untuk meminang wanitanya.

Dari sejak tradisi pada masa itu, tradisi tersebut masih sangat kental dan banyak berlaku di kalangan masyarakat luas. Bahkan ada yang masuk ke dalam aliran agama Kristen. Ketika abad 9, sebuah gereja memasukkan tradisi pasang cincin ini sebagai sebuah tradisi baru permulaan perkawinan. Notabenenya, seseorang yang belum memasuki masa pernikahan atau sedang dalam masa lamaran, tidak diperbolehkan untuk memaki cincin lain selain cincin lamaran tersebut.

Ketika sudah menikah, baru boleh memakai cincin lain selain cincin lamaran tersebut. Selain itu, banyak tradisi lain yang mulai berkembang, seperti dua belah pihak memakai cincin lamaran, cincin diganti perhiasan lain seperti kalung, ataupun bentuk yang bermacam-macam. Memang tidak ada aturan baku dalam keputusan tersebut, karena itu ada baiknya kamu dengan pasanganmu memilih cincin lamaran yang tepat.

Tips Memilih Cincin Lamaran yang Tepat

  • Kepribadian

Kepribadian memang cukup berpengaruh dalam pemilihan cincin. Dimana nantinya, cincin tersebut akan menunjukkan bagaimana kita yang sebenarnya. Pada kehidupan sehari-hari, cincin tersebut akan dipakai, maka dari itu, kepribadian cukup penting dalam menentukan cincin lamaran.

  • Budget

Selain kepribadian, yang pasti budget juga tidak kalah penting untuk kamu pertimbangkan. Dengan memiliki budget yang sesuai, maka kamu dan pasanganmu akan dapat menentukan cincin mana yang sesuai dengan ketersediaan budget tersebut.

  • Toko yang Terpercaya

Tentunya kamu tidak ingin kehilangan uang dengan sia-sia, bukan? Maka dari itu untuk bisa mendapatkan cincin yang memiliki kualitas bagus namun dengan budget yang terjangkau, pastikan kamu memilih toko yang benar dan terpercaya.

  • Bahan

Aspek selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dari segi bahan cincin. Kamu perlu tahu apakah ada alergi pada bahan tertentu atau tidak. dengan begitu, kamu akan dapat merasa nyaman ketika memakai cincin tersebut.

  • Desain

Desain merupakan aspek terakhir yang juga sangat penting dan perlu diperhatikan dengan baik. Pasalnya, desain yang sesuai akan membuat kepuasan tersendiri bagi kamu dan pasanganmu.

Model Cincin Lamaran Terpopuler
  • Cincin Berinisial

Inisial yang disematkan pada cincin juga sangat popular belakangan ini. Pasangan kreatif akan menentukan model cincin dengan berbagai keunikan tersendiri, contohnya cincin berinisial. Selain unik, cincin model ini akan memberikan kesan tersendiri bagi setiap pasangan yang memakainya.

  • Cincin dengan Ukiran

Selain menggunakan inisial, ukiran juga merupakan aspek yang cukup menyita perhatian belakangan ini. Cincin dengan ukiran yang unik membuat setiap mata yang melihatnya akan kagum. Namun, perlu diketahui bahwa semakin rumit suatu ukiran pada cincin, tentunya semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

Chat Whatsapp