Pertimbangan Saat Akan Membeli Cincin Nikah dari Perak

Membeli suatu cincin merupakan hal penting bagi para pasangan yang akan melangsungkan suatu pernikahan, mesti terlihat hal kecil membeli sebuah cincin bisa menjadi masalah tersendiri bagi beberapa pasangan.

Memilih cincin pernikahan sendiri memang hal yang tidak mudah bagi beberapa pasangan, misalnya saja dalam menentukan sebuah bahan untuk pembuatan cincin tersebut. Pada zaman modern ini banyak pasangan menggunakan bahan perak.

Sebelum membeli cincin dengan bahan tersebut, terdapat pertimbangan saat akan membeli cincin nikah dari perak. Jika para pasangan mengetahui tentang kelebihan serta kekurangan bahan perak maka pasangan tersebut dapat menentukan akan menggunakan cincin perak atau tidak.

Pertimbangan Saat Akan Membeli Cincin Nikah dari Perak Segi Kelebihan

Hal pertama yang harus diketahui oleh setiap pasangan yang akan menggunakan bahan perak sebagai cincin nikah adalah kelebihannya, seperti bahan lainnya perak sendiri memiliki keunggulan untuk menarik perhatian dari para pasangan.

  • Harganya Cukup Terjangkau

Kelebihan pertama dari cincin berbahan perak adalah harga yang cukup murah, harga cincin perak sendiri cukup murah dibandingkan cincin berbahan lain misalnya saja emas. Dengan harga murahnya tidak membuat heran jika cincin perak banyak diburu oleh setiap pasangan.

Perlu diketahui meski memiliki harga relatif murah, bahan perak memiliki penggemarnya tersendiri. Para penggemar cincin perak mempunyai anggapan bahwa bahan perak tidak kalah bagus jika melawan cincin berbahan mewah lainnya.

  • Mudah Dibentuk

Kelebihan kedua dari cincin perak adalah mudah dibentuk, dengan kelebihan kedua membuat para pasangan semakin tertarik untuk menggunakan perak sebagai bahan dasar dalam pembuatan cincin untuk acara pernikahannya.

Selain itu, para penggemar cincin mempunyai anggapan jika bahan perak sangat bagus jika diberikan sebuah tekstur. Hal ini cocok jika para pasangan menginginkan desain cincin unik serta menarik.

  • Tidak Mudah Korosi

Kelebihan selanjutnya dari bahan perak adalah tidak mudah korosi, hal ini membuat perak dijadikan sebagai sebuah bahan alternatif para pasangan jika tidak ingin cincin nikahnya mengalami korosi seperti cincin dengan bahan emas.

  • Bisa Dilapisi Berbagai Bahan

Kelebihan keempat dari bahan perak yaitu sesuai untuk dilapisi dengan berbagai bahan, hal tersebut beralasan dari warna dasar perak abu-abu ke putih. Dengan warna tersebut menjadikan perak netral ketika dipadukan dengan berbagai lapisan.

Perak juga sangat cocok jika digabungkan dengan logam mulia lainnya seperti berlian, dengan mewahnya berlian ditambah warna unik dari perak akan membuat berlian semakin bersinar.

Kekurangan Perak

Setelah mengetahui tentang kelebihan dari cincin perak, pertimbangan saat akan membeli cincin nikah dari perak berikutnya adalah kekurangannya. Perlu diketahui bahwa setiap bahan memiliki kelemahan tidak peduli mahal atau tidak bahan tersebut.

  • Dari Sisi Daya Tahan

Kekurangan pertama dari cincin berbahan perak adalah dari segi daya tahannya, daya tahan dari perak sendiri masih menjadi pertimbangan berat bagi para pasangan untuk menggunakan bahan tersebut.

Bahan perak memang sangat mudah dibentuk tetapi perlu diketahui juga bahwa perak juga memiliki daya tahan kurang baik, cincin berbahan ini lebih cocok disimpan jika acara pernikahan sudah selesai karena jika digunakan setiap hari maka perak bisa berubah menjadi hitam.

  • Lapisannya Mudah Pudar

Kekurangan berikutnya dari bahan perak adalah lapisan yang mudah hilang atau pudar, meski dapat dilapisi dengan berbagai bahan perak sendiri akan membuat lapisan tersebut memudar atau hilang.

Bahan perak sendiri memang memiliki perawatan cukup rumit jika dilihat dari berbagai kekurangannya, jika salah menggunakan bisa membuat cincin perak menjadi rusak atau membuat lapisan cincin perak memudar atau hilang.

Pertimbangan saat akan membeli cincin nikah dari perak harus benar-benar diperhatikan setiap pasangan, para pasangan harus mengetahui dari kelebihan serta kekurangan bahan perak agar tidak menyesal ketika telah membeli cincin dengan bahan tersebut.

Chat Whatsapp