Pilih, Beli dan Rawat Cincin Emas 24 Karat dengan Trik Ini

Memiliki cincin emas adalah keinginan setiap wanita, baik itu untuk menikah atau hanya perhiasan biasa saja. Hal ini karena emas merupakan perhiasan yang banyak diminati terutama emas yang memiliki kemurnian 24 karat. Tidak heran jika banyak wanita yang lebih memilih cincin emas sebagai perhiasannya. 

Ada banyak faktor yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli cincin emas, terutama untuk cincin nikah. 

Cincin nikah sendiri dikenal dengan dua istilah yaitu emas muda dan emas tua, dengan masing-masing kandungan emas murni yang berbeda-beda. 

Cincin Emas 24 Karat untuk Menikah

Umumnya cincin nikah menggunakan emas tua atau 24 karat karena memiliki kandungan emas yang mencapai 90% sampai dengan 99,9% emas murni. Sementara cincin emas muda sendiri memiliki kandungan 42% dengan batasan hingga 70% saja. 

Karat pada emas sendiri merupakan sebuah  hal penting dalam emas, karena semakin tinggi karat pada emas  maka kemurnian emas yang terkandung semakin tinggi. Jika kadar karat lebih rendah maka dapat dipastikan bahwa kandungan perak dan tembaga serta campuran lainnya pada emas lebih besar. 

Cincin emas 24 karat juga lebih disarankan yang tidak memiliki hiasan seperti permata pada desainnya. Hal ini dikarenakan, tingkat kekerasan cincin emas 24 karat hanya 2,5 sampai 3 Mohs. Sehingga kurang cocok jika dipadukan dengan berlian atau permata. 

Selain itu emas 24 karat tidak sanggup beban permata, sehingga tidak heran jika cepat atau lambat permata tersebut akan hilang atau terlepas dari cincin Anda. Sebagai gantinya, biasanya setiap pasangan lebih memilih cincin dengan ukiran atau hanya polos saja. 

Trik Memilih Cincin Emas 24 Karat

Baik itu untuk keperluan menikah atau hanya sekedar berinvestasi dengan cincin emas 24 karat, ada baiknya untuk mengetahui cara merawat dan juga memilih cincin tersebut. Hal ini penting dilakukan, agar Anda tidak dipermainkan oleh penjual emas. 

  • Tentukan Pilihan yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa emas 24 karat tidak cocok jika harus disandingkan dengan batu permata. Sehingga Anda dapat memilih bentuk dan desain yang lebih baik seperti cincin dengan ukiran yang menarik. 

  • Tanyakan Nilai Karat 

Agar tidak salah dalam memilih, ada baiknya Anda menanyakan terlebih dahulu kandungan karat pada cincin emas tersebut. Hal ini karena kualitas utama pada cincin emas dilihat dari seberapa banyaknya kandungan karat yang terdapat pada emas. 

Tips Membeli Cincin Emas

Membeli emas diperlukan sedikit pengetahuan kecil agar tidak dipermainkan oleh pemilik toko. Berikut ini ada beberapa tips yang umum dilakukan sebelum membeli emas. 

  • Temukan Toko yang Terpercaya

Mencari tahu ulasan toko sangat penting, karena disitulah Anda dapat menentukan apakah toko tersebut amanah atau tidak. Cari tahu lebih dahulu, apakah toko emas tersebut mematuhi standar SNI dan bagaimana kualitas dari pengerjaannya, serta nominal harga yang sesuai. 

  • Sesuaikan dengan Ukuran 

Dalam hal ini, Anda bisa mengukur atau menanyakan lebih dulu ukuran cincin yang tepat untuk jari Anda, agar tidak salah dalam memilih. Anda juga perlu memperhatikan lingkar pada cincin yang hendak Anda beli, agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil saat dikenakan. 

  • Cek Keaslian Produk

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian emas 24 karat tersebut. Cara yang umum dan sudah dilakukan sejak dahulu adalah dengan menggoreskan cincin pada kertas atau keramik. Jika muncul warna hitam maka kandungan emas pada cincin sangat kecil. 

Chat Whatsapp