Pilih Cincin Kawin Berlian Yang Bukan Hanya Sekedar Mimpi Lagi

Berlian adalah sebuah batu permata yang paling berharga di muka bumi ini, berlian berasal dari batu permata yang diolah sedemikian rupa sehingga memancarkan kemilau yang mampu membuat setiap mata terpukau melihatnya.

Selain itu berlian adalah batu perhiasan yang paling kuat di dunia jika dibanding dengan batu perhiasan yang lainnya, malah saking kuatnya jaman dahulu berlian digunakan untuk mempertajam persenjataan untuk berperang waktu itu.

Sadar akan daya tahan berlian serta kemilaunya yang mampu bertahan lama , maka tak heran berlian sangat cocok dijadikan simbol dari cincin pernikahan. Selain karena merupakan simbol dari cinta yang abadi , cincin pernikahan tersebut biasanya akan dipakai pasangan suami istri  setiap hari dalam waktu yang lama.

Bagi para pasangan yang akan menikah, pastilah banyak yang harus dipersiapkan.  Gedung, gaun, cincin pernikahan , dan tentunya masih banyak kebutuhan lain yang harus dipersiapkan dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit juga,.

Ada kabar gembira  jika anda dan pasangan masih bingung ingin mempunyai cincin berlian sebagai mas kawin pernikahan, tapi budgetnya terbatas,  Jangan khawatir belum tertutup kemungkinan untuk memiliki cincin belian. berikut saran-saran agar kita bisa membeli berlian dengan cara yang hemat.

Bagaimana Cara Membeli Berlian Yang Sesuai Budget Yang Ada?

  • Kapan sebaiknya membeli berlian.

Coba kita perhatikan antara bulan September – Desember, pada bulan tersebut banyak orang yang melangsungkan pernikahan dan mereka kebanyakan akan membeli cincin  3 – 6 bulan sebelumnya itu artinya antara bulan September -November toko perhiasan akan sepi pembeli,  pada saat itulah sebaiknya kita membeli cincin pernikahan karena dalam kondisi itu biasanya toko perhiasan akan memberikan potongan harga atau kemudahan yang lain.

  • Belilah berlian dengan model yang tidak biasa.

Berlian dengan banyak irisan dalam proses pembuatannya maka harganya akan semakin mahal, karena akan memantulkan kemilau yang lebih indah juga.

Bentuk berlian yang paling banyak irisannya adalah bentuk berlian yang  bulat (round brilliant) yang memang merupakan bentuk yang paling diminati para pembeli.

Oleh karena itu untuk menghemat , belilah berlian dengan bentuk yang tidak biasa misalkan berlian yang berbentuk kotak, harganya akan dibawah berlian yang berbentuk bulat.

  • Perhatikan tingkat kemurnian (karat) berlian yang akan dibeli

Besarnya tingkat kemurnian pada berlian sangat berpengaruh pada harga jual berlian tersebut. Meski hanya berbeda 0,5 karat akan ada perbedaan harga yang cukup signifikan terhadap harga jual berliannya. Jadi untuk tips berhemat kali ini jika ingin membeli berlian 1.00 karat maka belilah berlian dengan 0.99 karat, secara tingkat keindahan tidak terlalu jauh, tapi dari segi harga ada perbedaan yang lumayan bisa mengurangi budget kita.

  • Sesuaikan tingkat kejernihan berlian yang akan dibeli dengan budget ynag kita miliki

seperti yang dibahas di atas tingkat kejernihan berlian mempengaruhi harga, namun secara kasat mata tentu hal itu tidak akan terlalu terlihat perbedaanya. Diperlukan alat khusus untuk mengetahui kejenihan berlin itu secar pasti

  • Gunakan emas sebagai bahan dasar cincin

Menggunakan emas sebagai bahan dasar cincin bisa menghemat budget juga loh.. jika diurutkan mulai dari harga bahan dasar cincin yang lebih mahal emas ada diurutan ketiga dimana urutan pertama adalah platinum kemudian emas putih. Kemilau dari emas memang tidak tahan lama jika dibanding platinum dan emas putih, namun dengan dipoles kembali di toko perhiasan emas tersebut akan kembali berkilau seperti semula.

  • Jangan menggunakan emas 24 karat.

Emas murni 24 karat memang sudah sangat jarang dibuat menjadi cincin hal iu karena bahannya murni tidak mengandung logam lain sehingga lebih lunak, dan sulit un tuk dibentuk. Oleh karena itu pilihlah cincin emas dengan 14 karat daripada 18 karat untuk lebih menghemat, meskipun tidak semengkilat 18 K tapi dengan dipoles ditoko perhiasan emas 14 K akan menjadi mengkilat seperti baru kembali.

  • Jika tetap ingin berlian, desain cincinmu sendiri

Dengan mendesain cincin berlian  sendiri kita bisa menghemat budget, karena dengan begitu kita bisa mementukan bahan dasar, bentuk berlian, dan karat yang akan kita pakai, sehingga kita bisa menghitung budget yang harus dikeluarkan untuk membeli cincin tersebut

  • Jangan pernah keluar dari budget

apapun yang terjadi jangan pernah keluar dari budget cincin pernikahan yang sudah disepakati. buatlah cincin pernikahan mu yang menyesuaikan dengan budget yang ada agar tidak akan timbul hutang dikemudian hari.

Itulah tips yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan buat para pasangan yang akan segera menikah, ingat meskipun ingin berhemat, tetaplah pastikan untuk membeli berlian yang asli artinya berlian yang mempunyai sertifikat GIA satu-satunya laboratorium yang dipercaya dunia untuk mengeluarkan sertifikat berlian yang asli.

Chat Whatsapp