Proses Pembuatan Cincin Kawin, Itu Berapa Lama? Inilah Jawabannya

Sebelum memulai acara pernikahan ada banyak hal yang perlu di dipersiapkan secara matang, salah satunya adalah cincin nikah. Bagi sebagian orang menentukan cincin pernikahan bukanlah suatu hal yang mudah karena perlu dipikirkan dengan baik.

 Mengingat bahwa cincin akan menjadi simbol kuat dalam suatu pernikahan yang mana didalamnya terdapat harapan dan doa dari pasangan tersebut. Sulitnya menentukan cincin yang tepat membuat sebagian orang memilih untuk membuat dan mendesain sendiri cincin pernikahan mereka.

Membuat cincin pernikahan sendiri memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah mendapatkan desain cincin yang sesuai keinginan. Terlebih jika Anda memilih untuk mendesain cincin custom karena bisa disesuaikan dengan selera sendiri. 

Waktu Pembuatan Cincin 

Dalam pembuatan cincin umumnya tidak mencapai waktu lama hingga berbulan-bulan, dan biasanya hanya mencapai waktu dua minggu. Baik itu cincin custom maupun cincin kawin waktunya tidak akan melebihi satu bulan dan tidak kurang dari dua minggu sebab ada banyak proses yang dilakukan saat membuatnya.

Sehingga tidak heran jika banyak pasangan yang membutuhkan waktu lama untuk menentukan cincin pilihan mereka. Banyaknya hal yang dilakukan pasangan dalam proses pembuatan cincin mulai dari menentukan desain yang tepat, bahan logam mulia, dan juga tempat pembuatannya.

 Hal itu tentu bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih jika Anda atau pasangan memiliki ukuran jari yang spesial, akan membutuhkan waktu lebih lama. Jika ditambahkan dengan ukiran nama pada cincin mungkin saja bisa lebih dari waktu yang diperkirakan 

Proses Pembuatan Cincin 

Setiap toko maupun produsen yang menyediakan jasa pembuatan cincin memiliki ciri khas tersendiri dalam pembuatan cincin. Akan tetapi dalam proses pembuatannya tidak begitu jauh berbeda seperti halnya pada penjelasan berikut mengenai langkah-langkah umum pembuatan cincin nikah. 

  • Membuat Tubuh Cincin 

Setelah menentukan desain yang menarik untuk cincin nikah Anda maka langkah selanjutnya adalah tahap pembuatan cincin dari logam mulia. Adapun bahan logam mulia yang digunakan seperti emas, perak, platina atau bahan lainnya yang Anda pilih sebagai bahan utama pembuatan cincin. 

Pada tahap awal pembuatan ini tidak membutuhkan waktu yang lama, karena prosesnya yang hanya dilakukan dengan tahap pemotongan dan penyesuaian ukuran sesuai ukuran jari. Sehingga penting juga bagi Anda untuk mengukur lebih dulu jari Anda dan pasangan sebelum membuat cincin.

  • Menyambung Lingkaran Tubuh Cincin

Pada proses penyambungan lingkaran ini dilakukan setelah pemotongan logam untuk disambung menggunakan solder. Menyambung lingkaran cincin juga dibutuhkan bahan perekat yang sama dengan bahan logam mulia yang digunakan. Hal ini dimaksud agar potongan logam dapat membentuk lingkaran cincin yang sempurna dan tidak ada perbedaan. 

  • Membuat Bundaran Halo Hiasan Timbul

Jika Anda menginginkan tambahan berlian, atau hiasan timbul lain maka cincin akan dibuatkan bundaran halo. Biasanya bentuk dan bahannya pada pembuatan bundaran halo ini dilakukan sesuai dengan permintaan Anda. Bahan yang digunakan dalam pemasangannya harus menggunakan bahan yang sama agar tidak ada bekas yang berbeda.

  • Setting Hiasan Cincin

Langkah selanjutnya adalah menghias cincin sesuai dengan desain yang Anda pilih, dan dilakukan oleh pengrajin cincin. Tahap hiasan pada cincin ini biasanya berlangsung cukup lama, hal ini karena pembuatannya yang dilakukan secara detail, terutama jika desain yang dipilih rumit. 

  • Pemolesan Cincin 

Pemolesan cincin dilakukan dengan menggunakan campuran dari berbagai bahan kimia yang aman dan tidak membuat alergi pemesan. Tambahan campuran rhodium juga digunakan untuk membuat cincin agar lebih terlihat berkilau dan mengkilap. Pemolesan ini juga merupakan tahap akhir dalam pembuatan cincin nikah secara umum. 

Chat Whatsapp