Rekomendasi Jenis Logam Untuk Cincin Tunangan Anda Nanti

Logam mulia merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat perhiasan salah satunga adalah cincin. Jenis logam mulia sendiri adalah perak, emas dan lainnya, yang nantinya akan diolah menjadi perhiasan cantik. Tidak hanya digunakan sebagai kado, cincin dari bahan logam mulia juga sering dijadikan sebagai cincin nikah atau cincin pertunangan 

Pemilihan cincin pertunangan perlu disiapkan sejak jauh-jauh hari, dengan pertimbangan yang matang. Hal tersebut mulai dari warna emas baik itu kuning atau putih, lalu tingkatan emas seperti kadar emas yang terdapat pada cincin. Anda juga perlu mempertimbangkan desain cincin, sesuaikan dengan minat yang Anda inginkan.

Pilihan Emas untuk Cincin Tunangan 

Harga bukanlah patokan besar, Anda tetap bisa memiliki cincin indah yang berkesan untuk pertunangan Anda. Umumnya cincin yang digunakan pada hari pertunangan adalah cincin emas, sehingga tidak heran jika emas adalah perhiasan yang sangat unggul. Umumnya emas memiliki tiga warna yang sangat banyak diminati, seperti halnya penjelasan berikut ini. 

Cincin Tunangan Emas Putih 

Emas putih merupakan logam yang lebih kuat jika dibandingkan dengan campuran pada logam emas kuning. Tekstur pada cincin ini cenderung kuat, mampu bertahan lama dan juga lebih tahan terhadap goresan. Warna putih yang didapatkan dari cincin emas tersebut dikarenakan adanya campuran dari emas murni, nikel, perak dan juga timah. 

Selain itu, bahan lain yang biasa digunakan juga menggunakan campuran emas putih dengan palladium, sehingga mendapatkan warna putih yang berkilau. Jika Anda memiliki alergi pada perhiasan terutama yang mengandung nikel maka sebaiknya tanyakan lebih dahulu pada penjualnya. Perawatan cincin emas putih ini juga lebih mudah dalam merawatnya.

Jika bicara mengenai harga, pembuatan cincin emas putih terbilang lebih sulit dan rumit sehingga harganya jauh lebih mahal dari emas kuning. Namun harga jualnya cenderung lebih murah, sehingga tidak cocok jika dijadikan sebagai investasi. Akan tetapi saat ini cincin emas berwarna putih menjadi pilihan populer untuk pasangan yang akan bertunangan. 

Cincin Emas Warna Rose Gold 

Emas berwarna merah muda ini juga cukup populer dikalangan masyarakat, hal ini karena warnanya yang membuatnya tampil elegan. Warna rose gold pada cincin emas ini sendiri merupakan hasil dari perpaduan antara emas murni dan tembaga yang menjadi bahan utamanya. Tidak sedikit juga yang menggunakannya sebagai perhiasan dan cincin tunangan.

Bahkan saat ini peminat cincin emas berwarna rose gold meningkat dan menjadi populer karena terlihat lebih unik. Sehingga hal tersebut juga berpengaruh pada harganya yang terbilang cukup mahal, namun memiliki sifat tekstur yang kuat. Desain cincin ini juga sangat banyak dilengkapi dengan warna merah mudanya yang elegan menambah keindahannya. 

Cincin Emas Murni (Kuning) 

Cincin ini berwarna kuning karena adanya campuran dari perak murni dengan emas murni. Emas murni umumnya memiliki kandungan emas asli yang besar, tapi juga terdapat emas kuning dengan tingkat karat yang berbeda. Harga jual emas kuning sendiri cenderung lebih stabil jika dibandingkan dengan emas putih, dan memiliki lebih banyak keunggulan. 

Ketiga pilihan emas di atas merupakan rekomendasi logam mulia yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan pada cincin pertunangan. Banyak yang berpikir bahwa emas putih dan rose gold bukanlah emas murni seperti halnya emas kuning, akan tetapi keduanya sama saja. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memilih salah satu diantara ketiga logam tersebut. 

Chat Whatsapp