Sejarah dan Jenis Serta Harga Cincin Platinum

Sebagai barang perhiasan, cincin di tawarkan dalam berbagai bentuk dan bahan. Salah satu cincin yang sering di gunakan dalam pernikahan adalah cincin platinum. Cincin ini banyak diminati karena memiliki bentuk yang menarik dan memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. 

Untuk kalian yang merencakan pernikahan, cincin ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Namun sebelum memutuskan untuk membeli cincin ini, ada baiknya simak terlebih dahulu penjelasan berikut. 

Apa Itu Cincin Platinum? 

Cincin platinum merupakan cincin yang terbuat dari logam mulia dengan jenis platina. Platinum memiliki warna  yang indah, sehingga nantinya cincin yang dihasilkan tidak perlu di lapisi dengan rodhium. Rodhium merupakan logam mulia yang biasanya digunakan untuk melapisi cincin emas maupun perak. 

Kadar yang dimiliki cincin platinum ini mencapai angka 90-95 persen. Lima hingga sepuluh persen sisanya merupakan isian logam alloy rhodium yang masih masuk ke dalam keluarga dari logam platinum, serta isian logam palladium.

Cincin platinum memiliki desain yang menarik. Selain itu cincin ini sangat kokoh dan memiliki ketahanan yang tinggi. Bahkan bisa menandingi ketahanan cincin emas, perak, dan palladium. 

Kelebihan yang ditawarkan tentunya sebanding dengan harga yang beredar di pasaran. Yang pasti kamu tidak akan menyesal jika menjatuhkan pilihan kepada cincin platinum ini. 

Sejarah Cincin Platinum

Logam platinum ditemukan keberadaanya sejak zaman Mesir Kuno. Namun pada masa itu logam platinum belum dimanfaatkan secara maksimal. Pada tahun 1557, Julius Caesar membuat literatur penemuan logam mulia yang belum diketahui namanya di daerah Meksiko dan Darien. 

Saat itu, bangsa Spanyol menganggap platinum hanyalah sebuah residu emas. Bahkan membuat peraturan pelarangan penggunaan platinum, karena bisa dianggap sebagai pemalsuan emas. 

Hingga akhirnya, tahun 1772 Carl Von menemukan cara melenturkan platinum. Yaitu dengan cara dicairkan dan dipadukan dengan emas agar menyatu dengan sempurna. 

Sejak saat itu, penelitian terus dilakukan. Hingga  akhirnya, pada tahun 2007, Gerhard Ertl berhasil mendapatkan nobel kimia tentang platinum.

Alasan Platina Digunakan Sebagai Bahan Dasar Cincin

Ada beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa platina digunakan sebagai bahan dasar cincin. Berikut penjelasannya:

1. Tahan Lama

Platina memiliki sifat yang kuat, kokoh, dan lebih padat di bandingkan cincin lainnya. Sehingga nantinya cincin platina akan lebih kokoh dan tahan lama. 

2.Memikiki Tampilan Cantik dan Menawan

Cincin yang terbuat dari platina yang berupa logam putih akan lebih tampak menarik daripada bahan lainnya. Sehingga orang yang melihat akan takjub melihat tampilannya yang menawan. 

3.Memiliki Nilai yang Tinggi

Bahan platinum cenderung langka didapatkan. Bahkan bisa 30 kali lebih sulit di dapatkan daripada cincin berbahan emas. Oleh karena itu, cincin platinum menjadi istimewa dan sangat cocok dijadikan simbol cinta pernikahan. 

4.Tidak Menimbulkan Reaksi Alergi

Cincin berbahan dasar platinum, tidak memiliki campuran logam mulia yang memiliki sifat hypoallergenic seperti cincin lainnya yang akan menimbulkan reaksi alergi. Oleh karena itu, platinum biasa digunakan untuk bahan dasar cincin karena aman dan sangat cocok untuk kulit yang rentan terhadap alergi.

5. Merupakan Bahan yang Paling Tahan Terhadap Perubahan Warna

Berbeda dengan cincin pada umumnya. Jika cincin dengan bahan logam lain akan mengalami perubahan warna. Maka, cincin berbahan platinum sangat tahan terhadap perubahan warna. 

Warna putih berkilau yang dimiliki cincin platinum akan tetap bertahan,  dan terjaga kualitasnya meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

6. Dapat Diturunkan ke Generasi Selanjutnya

Jika dilihat dari sifat bahan platinum yang kokoh, maka sangat memungkinkan jika cincin ini di turunkan ke generasi berikutnya. Berbeda dengan cincin berbahan logam lain yang semakin menipis karena mengikis, sehingga tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Berapa Kisaran Harga Cincin Platinum?

Setelah mengetahui beberapa hal tentang cincin platinum. Ada baiknya juga mengetahui kisaran harga yang ada di pasaran. Harga cincin platinum sangat variatif tergantung dengan motifnya. Sebagai contoh, harga cincin platinum pria berada pada kisaran harga satu sampai sembilan juta. Tentunya harga tersebut sebanding dengan kualitas yang diberikan. 

Itu tadi beberapa hal terkait dengan cincin platinum. Kelangkaan cincin platinum menjadikannya istimewa bagi pemiliknya. Dan akan menjadi sempurna bila di hadiahkan untuk pasangan di hari yang bahagia.

Chat Whatsapp