Simak Ketentuan Cincin Nikah Bagi Laki-Laki

Di masa lalu, cincin itu berubah menjadi gambaran waktu yang abadi ketika sepasang kekasih memilih untuk melanjutkan hidup dalam tali pernikahan. Cincin yang dipilih berubah menjadi tanggung jawab. Namun tahukah Anda bahwa cincin kawin pria memiliki pengaturan, berikut penjelasannya.

Adat dan agama menjadi hal yang mengandung standar signifikan yang berbeda. Salah satunya adalah pemanfaatan cincin kawin. Yang pasti, cincin kawin dipakai oleh adat pernikahan Indonesia. Bagaimanapun, Anda dan pasangan harus menyadari bahwa ada beberapa jenis cincin kawin untuk pria yang perlu dipertimbangkan.

Kapan pun diikuti, penggunaan cincin kawin dalam Islam tidak jelas. Bagaimanapun, ini tidak sama dengan bagian yang seharusnya. Dalam hadits Nabi disebutkan bahwa salah satu jenis pemukiman adalah cincin yang terbuat dari besi.

Apa Syarat Cincin Kawin untuk Pria

Bahkan Nabi Muhammad pun juga memakai cincin dengan nama Muhammad Rasulullah yang diukir dari perak.

Acara jual beli cincin yang terjadi di masyarakat kita pada dasarnya adalah acara yang lebih formal. Ini tidak diidentikkan dengan masalah keyakinan atau keyakinan yang dipegang. Setelah akad nikah selesai, seorang pria dan seorang wanita sah menjadi pasangan suami istri.

Kemudian, pada saat itu cincin perdagangan secara simbolis menggambarkan keduanya sebagai pasangan yang siap untuk berbagi, saling menyediakan, melayani satu sama lain, dan memenuhi hak dan komitmen mereka masing-masing. Sampai saat ini, tidak ada masalah nyata.

Untuk kasus ini seorang pria muslim, boleh saja menggunakan cincin kawin, menariknya, cincin kawin yang dimaksud tidak terbuat dari emas. Jika terbuat dari emas, maka penggunaannya haram. Cincin kawin emas dalam Islam dianggap wanita, namun tidak ditujukan untuk pria.

Isu kemudian, saat itu muncul ketika pawai jual beli cincin adalah cincin yang terbuat dari emas, dimana penggunaan cincin emas untuk laki-laki tidak diperbolehkan atau tabu. Sedangkan penggunaan cincin emas untuk wanita diperbolehkan.

Hal ini telah menjadi kesepakatan para peneliti, kecuali yang diungkapkan dari penggambaran Ibnu Hazm yang mengungkapkan keberterimaannya dan dari sekelompok peneliti sederhana seperti yang diungkapkan oleh Muhyiddin Syarf An-Nawawi dalam Syarhu Shahihi Muslimnya.

Baca juga: Alasan Cincin untuk Pernikahan Anda Harus Sepasang

Opsi Berbeda dengan Bahan Emas

Calon suami bisa menggunakan segala jenis cincin kawin selain emas. Berikut adalah cincin kawin pilihan yang bisa digunakan untuk pria.

  • Titanium

Cincin yang terbuat dari titanium sering digunakan oleh para pria dengan keunggulan bahan yang kuat. Meskipun cincinnya sedikit berbobot, cincin model titanium ini terkenal karena bentuknya yang tahan lama. Maka dari itu, Anda perlu fokus jika cincin tersebut akan digunakan saat berolahraga setiap hari.

Salah satu kelebihannya adalah cincin ini tahan terhadap konsumsi dan tidak dapat disangkal sulit untuk digores dan harganya juga sangat terjangkau. Oleh karena itu, cincin berbahan titanium ini juga bisa menjadi cincin kawin pilihan bagi para pria. Cincin titanium itu sendiri akan tetap terlihat menawan meskipun memiliki desain yang sederhana.

  • Paladium

Cincin yang terbuat dari paladium juga biasanya dipilih oleh pengantin pria Muslim. Kandungan paladium dalam sebuah cincin bisa mencapai 95%. Ini menyiratkan bahwa kombinasi logam yang berbeda hanya 5%.

Cincin paladium juga tidak dicampur dengan nikel sehingga cocok untuk diri sendiri dan pasangan Anda yang memiliki hipersensitivitas logam. Kadang-kadang banyak orang tidak memahami bahwa kulit sensitif dapat dipengaruhi oleh logam.

Palladium masuk akal untuk penggunaan biasa karena memiliki bobot yang ringan. Memiliki shading yang lebih berkilau yang akan membuat cincin menjadi lebih indah dengan model yang lugas. Memiliki fleksibilitas yang besar. Anda dan rekan Anda tidak perlu stres karena paladium melawan erosi.

Perawatannya juga sangat mudah karena bahan paladium memiliki lapisan pelindung dari platina. Jadi, Anda cukup membersihkannya dengan air hangat dan pembersih. Sederhana untuk benar-benar fokus, bukan begitu?

  • Tungsten Carbide

Jenis logam ini biasanya dibuat menjadi perhiasan unik untuk cincin kawin karena memiliki manfaat mengikuti bentuknya yang unik sehingga tidak mudah rusak atau tergores.

Tungsten carbide memiliki titik lembek yang cukup tinggi sehingga layak dijadikan pilihan berbeda dengan cincin kawin selain emas. Warnanya memang tidak berkilau seperti emas namun logam ini masih nyaman jika digunakan biasa. Oleh karena itu, logam ini harus menjadi rekomendasi untuk cincin tukar emas untuk cincin kawin pria.

Tinggal Anda sebagai lelaki untuk memilih cincin nikah jenis apa. Semuanya bisa langsung dipesan di sini.

Baca juga: Rekomendasi Sepasang Cincin Mas Kawin Palladium

Chat Whatsapp