Tips Beli Cincin Kawin Online, Dijamin Tidak Tertipu

Di tengah perkembangan zaman sekarang ini, banyak hal yang bisa dilakukan secara online salah satunya adalah membeli cincin kawin. Jika dahulu cincin kawin biasanya dibeli langsung di toko emas, sekarang Anda bisa melakukannya dari rumah. Akan tetapi karena harga cincin kawin terbilang tidak murah, Anda harus berhati-hati dalam memilih cincin yang ingin dibeli.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli cincin secara online. Pastikan Anda tidak terjebak dengan modus cincin kawin berharga murah yang kualitasnya tidak terjamin. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum membeli.

Tips Aman Membeli Cincin Kawin

  • Hindari Membeli Cincin Emas

Cincin emas merupakan jenis cincin yang paling banyak dibuat replikanya karena peminatnya yang sangat banyak. Cincin yang Anda beli secara online memang belum tentu cincin palsu, namun bisa saja kandungan emasnya sangat sedikit dan tidak sesuai dengan harga yang dibandrol. Itulah kenapa dalam islam jual beli emas memang tidak boleh dilakukan secara online melainkan harus bertemu langsung dan dibayar tunai.

Sebagai alternatif Anda bisa membeli cincin titanium atau perak karena kualitasnya juga tidak kalah bagusnya dengan emas. Kedua bahan tersebut juga memiliki tampilan yang berkilau dan cukup berbobot jika dipegang.

  • Memilih Toko Online Terpercaya

Pastikan bahwa toko online tempat Anda membeli cincin kawin sudah memiliki banyak testimoni dari pelanggan serta memiliki harga yang masuk akal. Cara paling aman membeli cincin secara online adalah dengan membelinya di marketplace atau e-commerce. Biasanya penjual di marketplace akan menerima uang hanya jika barang sudah sampai di tangan pelanggan sehingga mengurangi resiko terjadinya penipuan.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi akun media sosial toko tersebut dan lihat track recordnya. Jumlah follower dan testimoni pelanggan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan apakah toko tersebut memiliki reputasi yang baik atau tidak.

  • Mengukur Jari

Salah memilih ukuran cincin bisa berakibat fatal karena tidak semua cincin bisa dikembalikan tergantung dari kebijakan toko online. Oleh karena itu pastikan untuk mengukur cincin terlebih dahulu agar ukuran yang dipesan pas dengan jari tangan. Ada banyak cara mengukur jari menggunakan pola ukuran yang bisa diunduh.

  • Sesuaikan Budget

Harga cincin kawin sangat beragam mulai dari dua 2 hingga 10 juta tergantung dari jenis dan desainnya. Persiapkan dana yang cukup sebelum membeli dan pilihlah desain cincin sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Akan lebih baik jika toko online yang Anda pilih menyediakan pesanan cincin secara custom sehingga Anda bisa request model cincin yang Anda sukai dan menyesuaikannya dengan dana yang ada.

Keuntungan Membeli Cincin Secara Online

Selama cincin yang dibeli bukanlah cincin yang terbuat dari emas, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan membeli cincin secara online. Selain kemudahan pemesanan dan pembayaran yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama Anda memiliki koneksi internet, Anda juga bisa mendapatkan desain cincin yang unik yang mungkin tidak bisa ditemukan di toko emas terdekat.

Selain itu, lebih mudah bagi Anda untuk menyesuaikan dana dengan cincin yang akan dibeli karena Anda bisa membandingkan satu toko dengan yang lainnya melalui ponsel. Ada lebih banyak pilihan yang bisa Anda dapatkan saat membeli cincin secara online.

Setelah mendapatkan model yang pas, proses pemesanan dan pembayaran pun jauh lebih praktis dan efisien. Meskipun demikian, membeli cincin secara offline pun bukan hal yang buruk bahkan terkadang bisa juga memberikan keuntungan yang lain.

Chat Whatsapp