Tips Merawat Cincin Nikah Dari Perak Agar Tidak Mudah Hitam

Perak menjadi salah satu – satunya perhiasan yang mempunyai harga paling murah yang pernah ada. Setiap perhiasan perak, entah itu cincin kawin, gelang maupun kalung menjadi alternatif perhiasan low budget terbaik.

Sedangkan untuk kualitas dari cincin yang terbuat dari perak cukup buruk. Sebab cincin ini sangat mudah berubah warna. Hal inilah yang membuat cincin perak kurang diminati.

Walaupun cincin perak mudah sekali berubah warna, namun ada beberapa tips yang dapat membuatnya awet. Jadi warna dari cincin dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Sebelum mengetahui tips merawat cincin nikah dari perak, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab utama dari perubahan warnanya. Penyebab utama dari perubahan warna pada cincin perak yaitu keringat. Air keringat mengandung senyawa asam yang dapat membuat warna cincin perak menghitam.

Penyebab lainnya yaitu terkontaminasi dengan zat lain. Baik itu zat organik maupun non organik. Sebagai contoh daging, bawang, logam selain perak dan lain sebagainya.

Inilah tips merawat cincin nikah dari perak agar tidak mudah hitam :

Jaga Jarak Dengan Benda Yang Dapat Membuat Cincin Perak Hitam

Tips yang pertama ini terlihat sangat mudah, namun cukup sulit untuk dilakukan. Karena dalam aktivitas sehari – hati pasti menyentuh berbagai jenis benda. Sangat tidak mungkin untuk tidak melakukan hal apapun hanya demi membuat warna cincin perak menjadi awet dan tidak mudah berkarat.

Ada sebuah cara untuk menjauhkan cincin perak dari semua benda yang dapat membuatnya hitam. Hal itu adalah dengan melepas cincin. Jadi saat anda sedang beraktivias dengan dikelilingi benda yang dapat mrusak warna cincin, sebaiknya dilepas terlebih dahulu.

Sedangkan pemakaian sharing tangan juga sangat tidak efektif. Karena dengan memakan sarung tangan, dapat membuat jari berkeringat. Sedangkan senyawa yang terkandung dalam logam menjadi musuh besar pada perhiasan perak.

Bersihkan Cincin Dengan Teratur

Tips yang kedua untuk mempertahankan warna cincin perak yaitu dengan membersihkan cincin secara teratur. Setidaknya dalam satu bulan sekali, cincin harus dibersihkan dengan cara yang benar. Sebab jika asal membersihkannya, mungkin hanya dapat membuat cincin menghitam dengan cepat. Jadi anda harus menggunakan bahan pembersih dengan benar.

Bahan yang efektif untuk membersihkan cincin nikah sangat mudah dan dapat dijumpai di rumah anda. Bahan tersebut meliputi pasta gigi dan air garam. Anda pun tidak perlu membeli cairan khusus untuk membersihkan cincin perak.

Selain bahan yang digunakan untuk membersihkan cincin perak, alat pembersihnya juga harus diperhatikan. Hindari penggunaan alat pembersih cincin perak yang berupa logam dan karet. Dengan hal ini anda tidak sebaiknya menggunakan jarum hanya untuk membersihkan sela – sela cincin yang sulit dijangkau. Untuk alat yang aman dalam membersihkan cincin perak yaitu tissue.

Simpan Pada Tempatnya

Apabila cincin nikah dari perak dilepas, sebaiknya langsung simpan pada tempatnya. Dilarang keras hanya meletakkan cincin begitu saja, terutama di atas meja. Karena hal itu hanya dapat membuat cincin cepat berubah warna / menghitam.

Saat membeli cincin nikah dari logam perak, sebaiknya anda juga membelinya tempat cincin. Sehingga anda pun tidak perlu lagi mencari tempat yang tepat hanya untuk menyimpan nya. Dengan menyimpan cincin Pasa tempatnya, dapat membuat cincin perak mempunyai warna yang awet dan tidak mudah berkarat.

Jadi itulah cara yang tepat untuk merawat cincin perak, supaya mempunyai warna yang awet. Selain tips di atas, ada tips alternatif dalam membuat warna cincin selalu terlihat baru. Cara itu dengan membersihkan cincin di toko perhiasan perak terdekat.

Chat Whatsapp