Trik Cerdas Ukur Lingakaran Jari Untuk Cincin Nikah

Ukuran cincin adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli cincin baik itu secara online ataupun offline. Terlebih untuk cincin pernikahan yang biasanya dipakai dalam waktu yang cukup lama oleh pemiliknya, ukuran yang pas, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar, sangatlah penting.


Untuk mendapatkan ukuran cincin yang sesuai Anda harus terlebih dahulu mengukur jari dengan cara yang tepat. Biasanya di toko perhiasan sudah disediakan beberapa ukuran cincin sebagai pengukur jari Anda, namun tidak ada salahnya jika Anda melakukan pengukuran sendiri di rumah agar proses pembelian cincin bisa berlangsung lebih cepat.


Cara Mengukur Ukuran Cincin yang Tepat


Menggunakan Kertas

Cara mengukur jari yang paling mudah adalah dengan menggunakan kertas atau pita lalu dilingkarkan pada jari dimana cincin akan dipasangkan. Ukurannya harus pas, tidak boleh terlalu ketat agar cincin terasa nyaman saat dipakai. Pastikan untuk mengukur di jari yang benar-benar akan dipakaikan cincin karena meskipun sama-sama jari manis, ukuran jari di tangan kanan dan kiri berbeda.


Ukurlah di waktu malam karena di waktu lain ukuran jari Anda bisa saja berubah. Malam hari adalah waktu pengukuran yang paling akurat. Setelah diukur, tulislah hasilnya menggunakan satuan millimeter atau inchi karena kedua satuan tersebut yang biasanya dipakai di toko perhiasan.


Setelah mencatat hasil ukuran, unduhlah tabel ukuran cincin yang ada di internet untuk melihat nomor berapakah ukuran cincin Anda. Bandingkan hasil pengukuran dengan tabel untuk mencari tahu berada di nomor berapa ukuran yang Anda tulis tersebut. Selanjutnya gunakan ukuran ini untuk membeli cincin di toko perhiasan.


Memakai Bagan Lingkaran
Selain tabel ukuran, di internet Anda juga bisa mendapatkan bagan lingkaran untuk mengukur cincin yang sesuai dengan jari Anda. Hanya saja bagan yang sudah diunduh harus dicetak agar bisa dipakai untuk mengukur cincin.


Cara termudah mengukur menggunakan bagan adalah dengan melingkarkan kawat pada jari Anda. Saat kawat tersebut membentuk lingkaran, bandingkan dengan bagan lingkaran yang ada dan pilihlah yang ukurannya paling sesuai.


Jika tidak ada kawat maka cara lainnya adalah dengan menggunting semua bagan lingkaran kemudian mencobanya satu persatu pada jari Anda. Apabila memiliki cincin yang sudah lama, Anda bisa membandingkannya dengan bagan yang ada dan cara ini terbilang jauh lebih mudah.


Ada kemungkinan Anda menemukan lebih dari satu ukuran lingkaran yang sama dengan jari Anda. Oleh karena itu pilihlah yang ukurannya lebih besar karena karena jari manusia cenderung membesar seiring berjalannya waktu.


Mengukur di Toko Perhiasan
Apabila Anda tidak punya waktu mengukur di rumah, maka lakukanlah di toko perhiasan sebelum memilih cincin. Cara ini lebih akurat karena Anda menggunakan bagan atau cincin yang sudah tersedia di toko sehingga bisa dipastikan bahwa hasil akhirnya sesuai dengan apa yang sudah Anda ukur.


Pentingnya Mengukur Jari untuk Cincin

Mengukur jari sebelum membeli cincin sangatlah penting karena cincin yang terlalu sempit tidak akan nyaman dipakai, bahkan berpotensi menyebabkan kulit iritasi karena sulit bernafas. Sebaliknya, cinci yang terlalu longgar pun bisa menyebabkan cincin terlepas dengan mudah.
Solusinya adalah mengukur jari untuk mendapatkan cincin yang ukurannya pas dan bisa dipakai untuk waktu sekarang maupun waktu yang akan datang. Agar mudah mendapatkan cincin untuk hari spesial Anda, pesan saja di Wijaya Jewelry.

Chat Whatsapp