Trik Lepaskan Cincin Kawin yang Kekecilan

Melepaskan cincin emas yang kekecilan memang tidak mudah. Memaksakan agar cincin terlepas dari jari justru akan membuat kulit merah bahkan terasa sakit. Ada banyak kasus dimana cincin yang Anda pakai seiring berjalannya waktu menjadi sempit dan sesak di jari karena jari manusia memang cenderung membesar seiring bertambahnya usia.

Jika hal itu terjadi mau tidak mau cincin nikah harus dilepas karena jika terus dipakai akan terasa tidak nyaman. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melepas cincin yang kekecilan dengan mudah.

Tips Agar Cincin Kekecilan Bisa Mudah Terlepas

  • Menggunakan Minyak

Melepaskan cincin menggunakan minyak adalah cara yang paling mudah karena minyak sangat mudah didapat. Minyak akan membuat kulit Anda menjadi licin sehingga cincin lebih mudah terlepas. Dengan mengoleskan minyak maka gesekan pada cincin dan kulit akan berkurang dan rasa sakit atau nyeri pun akan jauh berkurang.

Lepaskanlah cincin secara perlahan dengan cara diputar dan didorong pelan-pelan agar tidak menyakiti kulit Anda. Cincin mungkin tidak akan langsung terlepas dari jari jadi Anda harus bersabar dan tidak terburu-buru. Tetap lepaskan cincin secara perlahan dengan terus memutarnya sampai cincin terlepas.

Apabila di rumah tidak ada minyak goring atau minyak lainnya, Anda bisa menggunakan bahan lain yang mengandung minyak seperti lotion, sabun, mentega atau petroleum jelli dengan cara yang sama.

  • Mengangkat Tangan

Meskipun terdengan aneh, mengangkat tangan bisa membantu mengurangi ukuran jari yang membesar. Saat tangan diangkat aliran darah akan lebih cepat mengalir ke jantung dan tangan pun akan sedikit berkurang pembengkakannya.

Cukup angkat tangan selama 5 hingga 10 menit kemudian cobalah untuk melepaskan cincin secara perlahan. Cara ini mungkin tidak bisa dilakukan pada mereka yang mengalami perubahan ukuran tangan yang cukup signifikan misalnya karena penambahan berat badan.

  • Merendam di Air Dingin

Selain mengankat tangan, merendam jari di air yang dingin pun dapat membantu mengurangi bengkak pada jari agar cincin lebih mudah terlepas. Cukup rendam tangan Anda di air yang dingin namun bukan air yang diberi es batu. Setelah beberapa menit cobalah memutar cincin untuk mengeluarkannya dari jari Anda.

  • Menggunakan Pembersih Kaca

Pembersih kaca mengandung bahan yang bersifat seperti pelumas sehingga dapat digunakan untuk mengeluarkan cincin yang kekecilan. Caranya cukup semprotkan pembersih kaca pada jari Anda dan tariklah cincin secara perlahan. Cara ini sebaiknya tidak dilakukan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif karena dalam pembersih kaca terkandung bahan-bahan kimia.

Agar Cincin Tidak Kekecilan

Memilih ukuran cincin yang tepat memang sangat penting karena hal ini berpengaruh terhadap kondisi cincin di masa yang akan datang. Cincin yang bagus haruslah tidak terlalu pas dengan jari namun masih memiliki sedikit rongga untuk kulit bernafas.

Rongga tersebut juga ditujukan sebagai pencegah cincin menjadi sesak di kemudian hari saat Anda bertambah tua. Apabila Anda merasa cincin sudah agak sesak dan kurang nyaman dipakai, segera lepaskan cincin sebelum Anda akan kesulitan mengeluarkannya karena jari sudah terlalu membesar.

Jangan panik saat cincin tidak bisa terlepas. Tetap tenang dan rileks agar otot tidak tegang sehingga cincin pun tidak akan semakin sulit untuk dikeluarkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan cincin Anda dan salah satunya pasti bisa menjadi solusi untuk masalah Anda.

Chat Whatsapp