Trik Mudah Cincin Nikah Anda Tetap Berkilau Indah

Cincin nikah dijadikan sebuah lambang cinta yang berfungsi untuk mengikat keduanya  dalam sebuah hubungan yang resmi yaitu pernikahan. Sehingga tidak heran jika cincin tersebut terlihat begitu spesial, hingga jarang sekali pasangan suami istri yang rela untuk melepasnya. 

Cincin nikah sendiri biasanya berasal dari logam mulia atau emas dengan kadar emas yang berbeda-beda. Cincin dalam pernikahan juga tidak hanya dijadikan sebagai perhiasan, tapi juga dijadikan sebagai bukti cinta dan kasih sayang.

Cara Menjaga Kilau Cincin Pernikahan

Mengingat bahwa cincin pernikahan adalah hal penting dalam sebuah pernikahan, tak sedikit orang yang berusaha membuat cincin tersebut tetap berkilau. Bahkan ada sebagian dari mereka yang berusaha mengembalikan kilau cincin agar kembali seperti awal beli.  

  • Menjaga Kebersihan Cincin 

Salah satu penyebab cincin menjadi kusam adalah karena tidak memperhatikan kebersihan pada cincin. Anda dapat membersihkan cincin secara berkala, seperti mengusapnya dengan kain kering saat terdapat kotoran pada cincin. Jika kotoran dirasa sulit untuk bersih, maka Anda bisa merendamnya dengan air hangat hingga kotoran luruh dan bersihkan dengan kain. 

  • Tidak Menggunakannya Saat Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Hal ini sering kali dilupakan, walaupun terdengar sepele namun hal tersebut bisa membuat warna pada cincin menjadi pudar atau tergores. Ketika sedang melakukan pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, dan sebagainya lepas sejenak cincin tersebut. Sehingga cincin menjadi kotor yang dapat memudarkan warna pada cincin, dan cincin bisa tergores.

  • Jangan Menggunakan Cincin saat Olahraga

Olahraga adalah hal yang penting untuk dilakukan, karena baik untuk kesehatan namun tidak melepas cincin saat olahraga akan membuat pudar warna cincin. Hal ini karena keringat yang keluar saat berolahraga berisiko membuat warna menjadi kusam atau pudar. Sementara itu beberapa olahraga lainnya  bisa membuat cincin terlepas atau terkena benturan keras. 

  • Lepas Cincin Ketika Berenang

Berenang adalah hal yang menyenangkan, namun ada baiknya jika Anda melepaskan cincin saat akan pergi berenang. Terutama jika Anda adalah seorang atlit renang atau hanya sekedar hobi berenang, karena berenang menggunakan cincin bisa membuat warna cincin pudar. Air asin dan kandungan pada air kolam yang akan merusak kilau cincin. 

Selain itu tidak menutup kemungkinan risiko yang didapat adalah cincin Anda hilang saat berenang. Tentu hal ini akan jauh lebih merugikan dari sekedar kilau warna yang hilang pada cincin Anda. Sehingga melepas cincin adalah hal yang perlu dilakukan untuk mencegah dua hal tersebut terjadi. 

Cara Mengembalikan Kilau Cincin

Jika warna pada cincin Anda sudah terlanjur pudar dan kusam, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kilau cincin. Mengembalikan warna cincin  dan merawatnya bukanlah hal yang sulit, dan tentu bisa dilakukan secara sederhana di rumah tanpa biaya mahal.

Langkah yang perlu dilakukan untuk mengembalikan kilau cincin sendiri adalah dengan menggunakan pasta gigi. Kandungan zat abrasif ringan pada pasta gigi dapat mengembalikan warna perhiasan Anda dengan mencampurkan 2,5cm pasta gigi dengan air yang sedikit. Gosok campuran tersebut pada cincin Anda hingga kotoran hilang dan lap dengan kain. 

Anda juga bisa membersihkan cincin emas dengan sabun cuci piring cair yang berada di rumah Anda. Caranya yaitu dengan meneteskan sabun cuci piring ke dalam mangkuk yang berisi air hangat secukupnya dan aduk hingga rata. Rendam cincin Anda dalam waktu 15 menit setelah itu bersihkan dengan di gosok secara perlahan. 

Chat Whatsapp