Trik Pintar Merawat Cincin Emas Putih Agar Tahan Lama

Apakah Anda memiliki cincin emas putih? Asalkan ini benar, Anda pasti akan menyukai tampilannya yang gemerlap. Namun, apakah cincin emas putih Anda akan selalu terlihat putih berkilau seperti baru?

Tragisnya, kemungkinan warna cincin emas putih Anda secara bertahap akan kabur dan menjadi kurang berkilau. Namun, jangan sedih, Anda bisa mencegahnya! Perlu tahu caranya?

Bagaimana Cincin Emas Putih Biasa Dibuat?

Sudah, Anda harus menyadari bahwa emas putih benar-benar terbuat dari emas kuning murni. Untuk mengubah nadanya, emas kuning dicampur dengan setidaknya satu logam untuk membuat amalgam berwarna putih dalam naungan.

Beberapa logam putih tambahan yang digunakan adalah paladium, mangan, dan seng. Amalgam ini juga membantu emas putih menjadi lebih keras dan lebih tahan terhadap goresan.

Kemudian untuk emas putih berikutnya dapat memiliki warna kekuningan, kekuatan yang akan bergantung pada seberapa banyak logam putih dicampur. Ini sangat biasa, karena sebagian besar kombinasi sebenarnya terdiri dari emas kuning.

Untuk menghilangkan warna emas putih kekuningan, pedagang permata harus menutupinya kembali dengan rhodium. Tampilan selanjutnya lebih mirip dengan platinum, namun harganya jauh lebih masuk akal.

Baca juga: Inilah Model Cincin Nikah Wanita Paling Populer 2021

Apakah Emas Putih Tahan Lama?

Emas putih lebih kokoh daripada emas kuning, namun tidak sekokoh platinum. Emas yang memiliki tingkat kemurnian yang tak terbantahkan akan kurang tangguh. Disarankan untuk memilih emas dengan kandungan karat mendekati 18K atau 75%.

Sementara emas putih mungkin tidak setebal atau sekeras platinum atau paladium, itu masih merupakan logam yang sepenuhnya keras. Jika tepat sasaran, cincin emas putih akan mempertahankan kecemerlangannya dalam waktu yang cukup lama.

Untuk alasan apa cincin emas putih berubah nada?

Jadi jika Anda melihat cincin emas putih yang benar-benar putih berkilau, itu adalah cincin itu berlapis rhodium.

Pelapisan rodium mungkin berguna untuk emas putih, namun tidak akan berlangsung selamanya. Cincin emas putih Anda akan mengalami erosi karena penggunaan sehari-hari.

Berikutnya pada lapisan rhodium yang memastikan emas putih pada akhirnya akan luntur, dan lapisan bawah kekuningan akan terlihat. Anda dapat memutar balik interaksi ini dengan memakai cincin Anda lebih jarang, namun terkadang emas putih akan menjadi kuning.

Tips Menjaga Warna Cincin Emas Putih

Emas putih membutuhkan sedikit lebih banyak dukungan daripada emas kuning untuk mengikuti nadanya. Selain dibersihkan secara konsisten, pelapisan rhodium juga harus dilakukan secara rutin.

Terlepas dari kenyataan bahwa pembersihan harus dilakukan oleh seorang ahli, ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk menjaga cincin emas putih Anda terlihat mengkilap sehingga tidak masalah untuk pemakaian biasa.

Serap cincin emas putih kombinasi pembersih piring dan air hangat selama 20-30 menit. Sejak saat itu, bersihkan cincin Anda dengan sikat serat halus untuk menghilangkan kotoran. Cuci dengan air hangat untuk menghilangkan penumpukan pembersih dan keringkan dengan handuk yang sempurna.

Apabila cincin emas putih Anda sangat kotor, Anda dapat menambahkan beberapa tetes alkali ke pengaturan pembersihan. Meskipun demikian, jangan mencoba terlalu keras. Demikian juga, pastikan Anda tidak merendam cincin dalam cairan kisi apa pun.

Saat Anda menyikat cincin, jangan menggosoknya terlalu keras. Maka dapat melemahkan lapisan rhodium pada cincin lebih cepat dari yang seharusnya. Anda juga pasti tidak membutuhkan goresan pada cincin emas putih Anda.

Baca juga: Cincin Tunangan 2 Gram dari Emas, Dijamin Cocok

Haruskah Cincin Emas Putih Pria Sering Dipoles?

Cincin emas putih secara luas dipakai oleh orang-orang, terutama sebagai cincin kawin. Namun, kebanyakan pria harus memiliki gerakan yang lebih berat daripada wanita. Hal ini membuat cincin emas putih yang mereka kenakan lebih cenderung tergores.

Jika cincin emas putih Anda saat ini memiliki banyak sekali goresan, salah satu cara untuk menghilangkan goresan tersebut adalah dengan membersihkannya di toko permata. Meskipun demikian, ingatlah bahwa interaksi ini benar-benar menghilangkan lapisan tipis dari lapisan luar cincin Anda.

Jika cincin emas putih dibersihkan berulang kali, semua atau sebagian dari penutup rhodium juga akan hilang. Ketika penutup rhodium hilang, warna emas putih kekuningan pertama akan terlihat sekali lagi, dan Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengembalikan penutup rhodium.

Oleh karena itu, sebaiknya cincin emas putih Anda tidak dibersihkan oleh ahlinya secara rutin. Cobalah untuk tidak membersihkannya lebih dari beberapa kali dalam setahun.

Chat Whatsapp