Trik Pintar Saat Membeli Cincin Kawin Emas

Cincin kawin memang biasanya adalah cincin yang digunakan oleh banyak pasangan. Tentunya kamu dan pasangan menginginkan cincin emas yang memang sesuai dengan keinginanmu dengan variasi yang menarik.

Mungkin kamu heran, mengapa emas banyak digunakan? Emas sendiri adalah sebuah logam transisi yang lembek, mengkilap, kuning, berat, malleable, dan ductile. Emas memiliki kandungan yang tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya,  tapi bisa terganggu dengan zat kimia mengandung klorin, fluorin, dan aqua regia.

Logam emas bisa melebur menjadi cair di suhu sekitar 1000 derajat Celsius. Adapun kekerasannya yakni antara 2,5 sampai 3 Mohs. Sedangkan berat jenisnya akan bergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya.

 Emas sangat sering digunakan sebagai perhiasan dan akan sangat berharga karena memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kehidupan manusia. Tidak hanya karena keindahannya, namun juga fungsinya sudah banyak digunakan sebagai alat transaksi sejak dulu.

 Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Kawin Emas

Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli cincin kawin emas, yaitu adalah besaran karat.  Salah satu hal yang bisa menentukan harga emas naik ataupun turun ialah seberapa besar jumlah karatnya. Jika semakin tinggi karat emas, maka akan semakin tinggi juga harganya.

Contohnya, cincin kawin emas dengan 15 karat. Oleh karena itu, cincin ini mempunyai suatu kandungan emas murni yang kurang lebih 63% dari total usai dicampurkan dengan unsur logam lainnya sebagai pembentuknya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa emas tidak akan bisa terbentuk menjadi cincin tanpa dicampur dengan unsur lain, misalnya seperti nikel, seng, ataupun perak. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang begitu cair atau lembek. Walaupun begitu ketika telah beku, logam emas cukup keras untuk dijadikan cincin.

Tetapi memang tetap perlu dicampurkan logam lain sebagai penguatnya. Untuk jumlah karat yang maksimal dalam emas yaitu adalah 24 karat. Lebih dari itu, emas telah terlalu cair hingga tidak dapat dibentuk menjadi cincin.

Sebelum membeli emas, kamu dan pasangan sebaiknya mengerti bagaimana penghitungan kadar emas. Caranya adalah dengan membagi kadar emas itu dengan kadar karat maksimal, yakni 24 karat.

Berikutnya adalah dengan menentukan model cincin. Tentunya model cincin tentunya memiliki peranan penting dalam menentukan cincin kawin emas. Ada cukup banyak jenis model cincin kawin emas yang dapat kamu pilih. Sebelumnya pastikan model tersebut cocok dengan selera.

Rekomendasi Model Cincin Kawin Emas

Perlu diingat bahwa cincin kawin emas ini akan digunakan sehari-hari. Sehingga, janganlah sampai modelnya akan dipaksakan hingga kurang nyaman ketika digunakan. Bila kamu dan pasangan bingung akan model apa yang bagus, berikut ini adalah rekomendasi yang dapat kamu pilih.

  1. Cincin Kombinasi Permata

Cincin kawin dengan adanya hiasan permata akan nampak cantik dan memikat jika dikenakan sepasang kekasih. Bentuk permata yang digunakan bisa divariasikan bentuknya jadi tidak selalu bulat. Kamu juga dapat menggunakan bentuk kotak.

Batu permata juga ada dengan berbagai warna. Kamu bisa mengunakan warna favorit. Warna akan menambah keindahan di cincin kawin emas. Tetapi sangat disarankan untuk menggunakan cincin emas putih untuk penahan permatanya dan akan sangat netral jika dipadukan dengan permata berwarna.

  1. Cincin Kombinasi Berlian dan Perak

Cincin model ini pada umumnya akan banyak digunakan ke dua model yaitu model yang sederhana dan juga agak rumit. Tetapi dengan campuran perak murni dan berlian, akan membuat tampilan cincin ini menjadi cukup megah nan mewah. Bila kamu suka yang berbau elegan dan mewah, maka cincin ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

  1. Cincin dengan Kristal Mewah

Cincin kawin emas jenis ini akan nampak mencolok. Banyak perhiasan kristal mewah di sisi-sisinya. Tetapi, cincin ini akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki berkepribadian yang fashionable.

  1. Cincin Kombinasi Perak

Jika kamu dan pasangan suka dengan model cincin yang tipis, maka cincin emas dengan kombinasi perak dapat menjadi pilihan. Walaupun bagian lingkar cincinnya cukup sederhana, tetapi bagian pengikat pada batu permatanya akan cukup indah untuk dipandang. Maka cincin sendiri dapat disesuaikan dengan karakteristik pasangan.

  1. Cincin Bentuk Melingkar Kombinasi Permata

Kombinasi ini akan sangat mewah dan juga gemerlap di jemari bila digunakan. Dengan aksen manis dari permata yang melingkar ini, memperlihatkan bahwa cincin ini akan cukup menawan. Dapat dikatakan bahwa cincin kawin emas model ini akan cukup eksklusif maka tidak heran bila harganya cukup mahal.

  1. Cincin Batik

Cincin ini sangatlah unik, selain itu juga menunjukan kecintaan pada Indonesia. Model cincin kawin emas  ini sesuai untuk kamu dan pasangan yang senang keunikan.

Untuk menentukan pilihan cincin kawin maka pada dasarnya harus disesuaikan oleh banyak faktor. Mulai dari bahan cincinnya sampai dengan bentuk cincin yang cocok dengan kepribadian. Jadi seperti apakah cincin yang kamu inginkan ?

Chat Whatsapp